Finite State Automata (FSA)
Finite State Automata
(FSA) adalah mesin abstrak
berupa sistem model matematika dengan masukan dan keluaran diskrit yang dapat
mengenali bahasa paling sederhana (bahasa reguler) dan dapat diimplementasikan
secara nyata.
Bahasa yang paling sederhana adalah bahasa reguler (tipe 3). Mesin yang bisa mengenalinya adalah Finite Automata. Finite Automata adalah mesin komputasi. Pada bahasan ini mesin komputasi yang dimaksud adalah mesin abstrak bukan mesin fisik, namun memadai untuk diimplementasikan secara nyata.
Bahasa yang paling sederhana adalah bahasa reguler (tipe 3). Mesin yang bisa mengenalinya adalah Finite Automata. Finite Automata adalah mesin komputasi. Pada bahasan ini mesin komputasi yang dimaksud adalah mesin abstrak bukan mesin fisik, namun memadai untuk diimplementasikan secara nyata.
DEFINISI SECARA FORMAL
Secara formal FSA dinyatakan
dengan 5-tuple atau M =(Q, Σ, δ, q0, F):
1. Q = himpunan
state/kedudukan
2. Σ = abjad,
himpunan simbol input
3. δ = transition
function
4. q0 ∈ Q = start state
5. F ⊆ Q = set of accept (or final) states
DEFINISI SECARA FORMAL
v Gambar di atas disebut diagram keadaan M1
v Ia memiliki empat status, berlabel q0,q1, q2, dan q3
v Status awal, q0, ditunjukkan oleh
panah yang menunjuknya entah dari mana
v Status terima, q0, adalah negara dengan
lingkaran ganda
v Panah yang berpindah dari satu kondisi ke kondisi lain
disebut transisi
Contoh fsa
Kita dapat menggambarkan secara formal
dengan menulis M1 = (Q, Σ, δ, q0, F)), di mana:
- Q= {q0,q1, q2, q3}
- Σ = {0, 1}
- δ digambarkan sebagai :
- q0 adalah kondisi awal, dan
- F = {q0}
0
|
1
|
|
Q0
|
Q2
|
Q1
|
Q1
|
Q3
|
Q0
|
Q2
|
Q0
|
Q3
|
Q3
|
Q1
|
Q2
|
-
Uji Input Step With Closure
1101
Ditolak
-
Uji Input Step By Step
0101
Diterima
-
Uji Input Fast Run
1001
Diterima
-
Uji Input Multiple Run
1110
Direject
nice
BalasHapus